Cara mengganti Logon Background di Windows 7

Bosan dengan Logon Background di Windows 7? Jika bosan, Anda bisa mengganti Logon Background dengan software khusus seperti TuneUp Utilities (yang tidak gratis), Logon Studio, dll. Contoh pada gambar di bawah ini adalah Logon Background yang sudah diganti.
Tampilan Logon Background yang sudah diganti
Di Windows 7, kini Anda bisa mengganti Logon Background tanpa software khusus. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti background layar logon tanpa menggunakan software khusus.
  1. Tekan Win+R, lalu ketik regedit dan tekan enter. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
    Tampilan Registry Editor
  2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Authentication > LogonUI > Background
  3. Klik dua kali pada OEMBackground, isi nilai DWORD dengan nilai 1, lalu klik OK.
  4. Tutup Registry Editor, lalu buka Windows Explorer.
  5. Masuk ke C:\Windows\System32\oobe. Drive C: merupakan drive di mana Windows terinstall. Ganti huruf C menjadi huruf drive tempat Windows 7 terinstall.
  6. Klik kanan pada kolom sebelah kanan di tempat kosong, pilih New > Folder.
  7. Buat folder dengan nama info, lalu buka folder info.
  8. Lakukan seperti pada langkah ke 6. Buat folder lagi dengan nama backgrounds.
  9. Salin file gambar ke C:\Windows\System32\oobe\info\backgrounds. Kemudian ganti nama menjadi backgroundDefault.jpg
  10. Tes Logon Background dengan menekan Win+L atau Ctrl+Alt+Del.
Peringatan: Registry merupakan bagian paling penting pada Windows. Jika dianalogikan dengan tubuh manusia, registry adalah otak yang mengendalikan cara Windows itu berperilaku dan merekam semua kejadian selama Windows dihidupkan. Dikarenakan Registry merupakan bagian yang penting, salah sedikit saja dapat mengakibatkan Windows menjadi tidak stabil, lambat, sering error atau BSOD, bahkan sampai pada akhirnya perlu di install ulang. Jika Anda mengganti tema, Logon Background akan kembali seperti semula.
Perhatian: Gambar harus berformat jpg, sesuai dengan resolusi layar monitor, dan ukuran file gambar harus kurang dari 245 KB. Gunakan software ini jika melebihi batas.
Untuk contoh file Logon Background bisa didownload di sini. Saya sudah menambahkan file untuk mengedit registry secara otomatis sehingga Anda tidak usah mengikuti langkah pertama sampai ke-4. Selamat mencoba!
Password file: andrechristiansigit.blogspot.com

Komentar