Cara mengatur dan mematikan Windows Update di Windows 7 dan 8.1

Jika Anda menggunakan Windows 10, klik di sini untuk cara menunda pembaruan dan mematikan Windows Update.

Windows Update adalah layanan dari OS Windows yang digunakan untuk melakukan update secara otomatis pada komponen-komponen Service Pack.
Dengan memperbarui Windows, komputer/laptop kita akan aman dari serangan virus dan memperbaiki sistem Windows yang rusak. Bagi yang menggunakan OS Windows asli dianjurkan untuk tetap menggunakan fasilitas ini demi alasan keamanan.
Sedangkan bagi pengguna yang menggunakan OS bajakan jangan sekali-kali memperbarui Windows, karena Windows akan menginstal WGA (Windows Genuine Advantage) Notification secara otomatis dan Windows kita akan bersegel BAJAKAN.
WGA adalah program yang bertugas mengecek validasi OS apakah dia bajakan atau original. Jika sudah terdeteksi Windows bajakan, beberapa fitur tidak bisa diaktifkan seperti desktop berwarna hitam, Windows Update tidak bekerja, dan ada tulisan This copy of Windows is not Genuine di kanan bawah layar.
Selain itu, Windows Update bisa membuat koneksi internet menjadi lambat karena mengambil jatah bandwidth yang lumayan besar, yaitu sebesar 20%.
Berdasarkan pertimbangan di atas, kiranya Anda sudah dapat menentukan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Update. Berikut ini saya berikan cara menonaktifkan Windows Update.

Windows 7

Peringatan: Saat ini Microsoft mulai menghentikan dukungan untuk Windows 7, sehingga beberapa pengguna tidak mendapat pembaruan. Jika Windows 7 yang Anda gunakan sudah tidak mendapat pembaruan selama lebih dari 3 bulan sejak Anda melakukan pembaruan, dengan terpaksa Anda harus pindah ke Windows 8.1 atau Windows 10.
  1. Klik tombol Start, dan klik Control Panel
  2. Klik System and Security > Turn automatic updating on or off (Jika tampilan utama Control Panel menggunakan tampilan Large Icons atau Small Icons, klik Windows Update > Change settings)
  3. Pada bagian Important updates, pilih Check for updates but let me choose whether to download and install them atau Never check for updates (not recommended) (Disarankan bagi pengguna Windows bajakan), lalu klik OK. Jika UAC (User Account Control) muncul, klik Yes

Windows 8.1

  1. Klik kanan pada tombol Start (yang ada di kiri bawah) atau tekan Win+X dan klik Control Panel
    Klik Control Panel, bukan yang ditandai pada gambar
  2. Lakukan langkah kedua dan ketiga pada bagian Windows 7

Komentar