Cara untuk Sign out, Mematikan, Merestart, atau Menghibernate Komputer Windows 8.1 menggunakan menu "Win+X" dan fitur tersembunyi "Slide to Shutdown"

Sebagian besar dari kita tahu bahwa Windows 8 tidak datang dengan Menu Start. Microsoft mengganti Menu Start dengan Layar Start. Penghapusan Menu Start membuat beberapa masalah utama bagi pengguna Windows 8 dan salah satu masalah ini tidak adanya opsi daya seperti Shutdown dan Restart. Microsoft memindahkan opsi daya ke Charm Bar yang baru yang dapat diakses dengan mengarahkan kursor mouse Anda ke pojok kanan atas atau kanan bawah layar.
Beberapa pengguna Windows 8 tidak tahu tentang opsi tersembunyi ini dan mereka memili waktu yang sulit untuk mencari opsi daya untuk mematikan dan merestart komputer mereka. Cara untuk mematikan atau merestart komputer biasanya melalui artikel berikut:
Sekarang dengan diluncurkannya Windows 8.1 RTM, Microsoft juga sudah menambahkan semua opsi daya ini seperti shutdown, sleep, restart, sign out, dan hibernate dalam Menu "Win+X" yang biasa disebut Quick Access Menu.
Menu Win+X adalah menu tersembunyi yang ada di Windows 8 dan Windows 8.1 yang bisa diakses dengan mengklik kanan pada pojok kiri bawah layar atau dengan menekan tombol "Win+X" bersamaan. Menu tersebut mengandung shortcut yang sering digunakan seperti Task Manager, Control Panel, Run, dll.Pada Windows 8.1 jika Anda mengakses Menu Win+X, itu mengandung menu baru Shut down or Sign out yang di dalamnya ada 4 item : Shut down, Sleep, Restart, dan Sign out.
Secara default Command Prompt diganti dengan Windows PowerShell dan opsi Hibernate tidak ada di menu tersebut namun Anda dapat mengganti Windows PowerShell dengan Command Prompt dan mengaktifkan opsi Hibernate melalui tutorial berikut:
Itu adalah tambahan yang bagus oleh Microsoft di Windows 8.1. Sekarang pengguna Windows 8.1 tidak akan mengeluh tentang hilangnya pilihan shut down, restart, sleep, hibernate, dan sign out.
Tip Khusus:
Windows 8.1 juga hadir dengan fitur tersembunyi Geser untuk mematikan. Sebenarnya fitur ini tidak diaktifkan secara default oleh Microsoft namun Anda bisa membuatnya bekerja dengan menjalankan slidetoshutdown.exe melalui Run atau Command Prompt. File ini berada di folder C:\Windows\System32. Anda juga bisa membuat shortcut di Desktop atau memasang shortcut pada Taskbar atau Layar Start. Sekarang jika Anda ingin mematikan komputer/laptop Windows 8.1, klik dua kali pada shortcut di Desktop atau klik shortcut pada Taskbar atau Layar Start dan sebuah gambar akan muncul pada layar komputer/laptop menanyakan Anda untuk menggeser ke bawah yang akan mematikan komputer/laptop pada gambar berikut:
Update: Tim Microsoft telah menambahkan pengaturan untuk mematikan komputer/laptop pada layar Start di Windows 8.1 Update 1 yang diluncurkan pada tanggal 8 April 2014 seperti pada gambar berikut:

Komentar