CCleaner, software pembersih Sampah dan Registry

CCleaner adalah software yang gratis dan populer untuk mengoptimalkan performa sistem, meningkatkan privasi dan membersihkan file sementara. CCleaner bisa menghapus beberapa file sementara dan yang tidak digunakan dari komputer/laptop Anda yang membuat komputer/laptop Anda lebih cepat dan juga membantu mendapatkan ruang bebas pada hard disk. CCleaner juga membantu meningkatkan privasi dengan membersihkan jejak aktivitas online Anda seperti riwayat web browser, cookie, dll.
Yang dibersihkan oleh CCleaner antara lain sebagai berikut:
  • Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Microsoft Edge, dan Safari – File Internet sementara, riwayat internet, cookie, riwayat download, URL yang diketik, lokasi download terakhir, sesi, preferensi situs, file index.dat, riwayat kolom pelengkap otomatis, kolom informasi tersimpan, kata sandi tersimpan, dan compact database
  • Windows – Recycle Bin, dokumen terakhir, daftar riwayat item terakhir, file sementara, shortcut, file log, dll.
  • Pembersih Registri – Fitur lanjutan untuk menghapus entri registri yang tidak terpakai, lama, dan tidak valid.
Tampilan CCleaner
Anda bisa mendownload CCleaner melalui link berikut:
Sejak CCleaner bundling dengan Avast, selama proses instalasi, pastikan Anda teliti dengan memastikan opsi instalasi Avast Antivirus tidak tercentang saat menginstall CCleaner jika tidak ingin antivirus ini terinstall di komputer Anda tanpa disadari. Begitu juga dengan program lain, jangan asal klik Next pada saat proses instalasi.
Peringatan: Saya tidak menyarankan Anda untuk menggunakan Registry Cleaner karena bisa menyebabkan masalah pada beberapa program. Saya pernah mengalami kejadian setelah menggunakan Registry Cleaner, NVIDIA Control Panel tidak bisa dibuka dan ini memaksa saya untuk menginstall ulang display driver.

Komentar