Daftar Channel Insider Windows 11 dan Perbedaannya

Jika Anda ingin mencoba Windiws 11 Insider Preview tapi bingung memilih channel Windows Insider yang Anda inginkan, artikel ini akan membantu Anda untuk memahami semua channel yang tersedia untuk mengikuti program Windows Insider.

Ada banyak channel yang tersedia untuk mendownload dan mencoba Windows 11 Insider Preview tetapi banyak yang kesulitan untuk memilih channel yang tepat. Pada artikel ini, akan dibahas secara detail tentang channel Widows Insider Preview serta menjelaskan perbedaannya.


Apakah Program Windows Insider itu?

Microsoft merilis build uji coba Windows 11 kepada pengguna untuk mencobanya dan memberi masukan ke Microsoft. Build ini mengandung fitur yang sedang dalam pengembangan, sehingga bisa berisi bug dan tidak cocok untuk digunakan sebagai Windows utama.

Build uji coba dirilis untuk memperbaiki semua bug yang sudah diketahui sebelum perilisan publik. Pengguna Insider Preview mencoba build tersebut dan memberi masukan yang membantu Microsoft memperbaiki bug pada Windows 11.

Untuk mencoba build Insider Preview, pengguna yang mau mencobanya perlu bergabung dengan program Windows Insider secara gratis. Setelah bergabung, pengguna bisa mendownload Windows 11 Insider Preview dan menginstallnya.

Channel Windows 11 Insider Preview serupa dengan versi Beta, Dev, dan Canary yang digunakan browser Google Chrome dan Microsoft Edge. Semuanya dirilis ke sejumlah penguji untuk tujuan uji coba sebelum merilisnya secara publik.

Cara untuk Bergabung dengan Program Windows Insider

Pengguna yang tertarik bisa mengikuti program Windows Insider dengan cara:

  1. Buka Settings dari Menu Start atau dengan menekan tombol Win+I
  2. Masuk ke Windows Update > Windows Insider Program.
  3. Klik Get started, lalu klik Register dan klik Sign up.
  4. Beri tanda centang pada I've read the license agreement, lalu klik Submit.
Anda bisa mendaftar langsung untuk bergabung ke Program Windows Insider pada website resmi Microsoft: Daftar untuk mengikuti program Windows Insider

Manakah Channel Program Windiws Insider untuk Dipilih?

Sekarang pertanyaan yang mincul adalah manakah channel uji coba yang harus dipilih? Sebenarnya Microsoft menyediakan 4 channel yang berbeda untuk mengikuti program Windows Insider:
  • Canary
  • Dev
  • Beta
  • Release Preview
Ketika Anda mengikuti atau mendaftar program Windows Insider, Anda harus memilih salah satu channel.

Channel Canary:

Channel Canary adalah channel berisiko tinggi yang menyediakan build uji coba lebih awal dari Windows 11 untuk dirilis ke publik setelah berbulan-bulan. Build ini berisi beberapa fitur dan perubahan yang mungkin bisa atau bukan menjadi bagian dari versi Windows 11 ke depan.
Microsoft merilis build uji coba ke channel Canary untuk mencoba ide awal dan efeknya pada seisi sistem operasi.
Jika Anda cukup berani dan siap untuk mencoba build uji coba lebih awal dari Windows 11 serta mau menanggung semua risiko yang ada, pilih channel Canary.

Channel Dev:

Channel Dev sama seperti channel Canary tetapi sedikit lebih stabil. Jika tidak nyaman pada channel Canary dan masih mau mencoba build terbaru Windows 11, pilih channel Dev. Channel Canary akan mendapatkan pembaruan duluan sebelum dirilis ke channel Dev.

Channel Beta:

Channel Beta menyediakan build yang cukup stabil dibanding channel Canary dan Dev. Anda bisa memilih channel Beta untuk mencoba build terbaru Windows 11. Anda akan mendapatkan fitur pada channel ini jika fiturnya sudah dipilih untuk dirilis ke publik.

Channel Release Preview

Ini adalah channel paling aman yang tersedia pada program Windows Insider. Anggap saja channel ini adalah versi terakhir Windows 11 yang akan dirilis ke publik. Jika Anda ingin mendapatkan versi baru Windows sebelum dirilis ke publik, Anda bisa memilih channel ini. Channel Release Preview masih tersedia satu-satunya untuk Windows 10.

Perbedaan dari Channel Canary, Dev, Beta, dan Release Preview

Kestabilan

Build uji coba yang diberikan pada channel Canary dan Dev biasanya tidak stabil dan bisa berisi masalah seperti crash. Anda akan menemukan banyak bug pada build ini. Di sisi lain, build yang diberikan pada channel Beta dan Release Preview sedikit stabil dan bisa digunakan dengan nyaman oleh para pakar.
Kesimpulannya: Canary < Dev < Beta < Release Preview

Ketersediaan Fitur Terbaru

Channel Canary dan Dev akan mendapatkan fitur terbaru dan perubahan untuk dicoba walaupun fitur tersebut belum siap untuk dirilis ke publik, sementara channel Beta dan Release Preview hanya mendapatkan fitur terbaru yang dijadwalkan untuk dirilis ke publik.
Kesimpulannya: Canary > Dev > Beta > Release Preview

Pengetahuan Teknis

Anda harus menjadi pakar teknisi yang sangat berpengalaman untuk menggunakan channel Canary dan Dev karena bisa saja Anda perlu memformat dan melakukan clean install Windows 11. Jika Anda kurang berpengalaman sebaiknya pilih channel Beta atau Release Preview.

Pengumuman Resmi tentang Build Terbaru

Microsoft mengumumkan perilisan build uji coba terbaru Windows 11 ke channel Dev, Beta, dan Release Preview. Sementara pada channel Canary, tidak ada pengumuman resmi.

Frekuensi Perilisan Build Terbaru

Channel Canary dan Dev mendapatkan build terbaru lebih sering, sementara channel Beta dan Release Preview tidak begitu sering.

Nomor Build yang Dirilis

Channel Canary dimulai dari build 25000-an. Channel Dev dimulai dari build 23000-an, sementara channel Beta dimulai dari build 22000-an, dan channel Release Preview berisi build terakhir yang akan dirillis ke publik. Silahkan klik kanan pada tombol Start, lalu pilih System untuk mencari tahu nomor build yang digunakan dan cari entri OS build.

Demikian penjelasan dan perbedaan dari channel Windows Insider Preview.


Dikutip dari AskVG

Komentar